Ketahui Ukuran Ideal Kitchen Set, Biar Memasak Lebih Nyaman

Ketahui Ukuran Ideal Kitchen Set, Biar Memasak Lebih Nyaman

Ukuran Ideal Kitchen Set, Biar Memasak Lebih Nyaman by: Centros Interior

Halo Sobat Centros. Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, kitchen set menjadi salah satu furniture penting di dalam rumah. Kitchen set adalah tempat dimana kita memasak untuk seluruh anggota keluarga. Bagi Anda yang hendak membuat kitchen sesuai keinginan atau custom, perhatikan dulu yuk ukuran ideal sebuah kitchen set custom di dalam artikel ini. Simak sampai habis ya!

kitchen set modern

Sobat Centros, merancang suatu kitchen set yang modelnya menyesuaikan keinginan penggunanya, memang sudah lumrah dilakukan banyak orang.

Namun, tahukan Anda bahwa tak jarang hasil yang diinginkan tersebut, tidak membuat Anda puas bahkan kecewa, sebab ukuran yang ada, tidak sesuai standar dan tidak membuat Anda nyaman ketika memasak. Misalnya, Anda salah memperhitungkan ukuran kitchen set, baik dari segi ketinggian, seberapa jauh jangkauannya, seberapa lebar dimensinya, dsb. Walhasil, ukuran kitchen set menjadi tidak seimbang dengan area luas dapur. Bisa jadi terlalu kecil ataupun terlalu lebar. Apalagi, jika Anda merancang tanpa bantuan desainer interior.

Baca artikel lainnya >>> Jasa Kitchen Set di Semarang Terpercaya

Maka dari itulah, sebelum memutuskan untuk merancang sebuah kitchen set, alangkah lebih baiknya melakukan konsultasi terlebih dulu dengan desainer interior agar lebih efektif dan efisien.

Namun, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan perhitungan sendiri untuk mengetahui ukuran ideal sebuah kitchen set ya. Lantas, berapa sih kira-kira ukuran standar kitchen set yang ideal? Simak yuk di bawah ini

 

Kitchen Set Ideal

Kitchen Set sendiri berarti satu set mebel dapur yang bagian-bagiannya terdiri dari kabinet, sink, kompor, toptable, dan backsplash. Kitchen set bersifat permanen. Tertanam pada sebagian area dapur untuk memasak dan tidak memungkinkan untuk mudah dibongkar-pasang. Maka dari itu, sebelum membangun kitchen set, sangat penting untuk mengetahui ukuran ruangan yang ada agar hasilnya nanti nyaman digunakan. Karena salah perhitungan di awal, akan sangat banyak menekan biaya jika terjadi kekeliruan.

Selanjutnya, sejauh manakah Anda tahu tentang ukuran standar sebuah kitchen set. Di sinilah akan kami jelaskan beberapa ukuran kunci yang menjadi ukuran ideal kitchen set. Biar makin faham, yuk dibaca sampai selesai!

Baca artikel lainnya >>> Jasa Kitchen Set di Demak

Ketinggian Top Table

Ketinggian top table menjadi aspek pertama yang perlu diperhatikan ya sobat Centros. Hal ini dikarenakan top table adalah area yang paling sering digunakan ketika memasak. Kita ketahui bersama, bahwa hampir semua kitchen set didesain dengan mempertimbangkan penggunanya memasak dengan cara berdiri. Maka sangat penting untuk mencari pedoman ukuran standar top table menyesuaikan ketinggian pengguna.

kitchen set minimalis

Umumnya, ketinggian ideal Top Table pada kitchen set adalah 80-90cm untuk ukuran ideal para perempuan Asia. Pedoman ukuran ini umumnya adalah dengan mempertimbangkan kenyamanan ketika memasak. Terkadang ada pula yang menyetting ketinggian top table ini dengan ketinggian pinggul penggunanya agar makin nyaman.

 

Lebar Top Table dan Kabinet Bawah

Lebar area yang cukup, tentu sangat diperlukan untuk menunjang kegiatan masak-memasak. Jika meja table terlalu sempit, sudah pasti akan membuat Anda kerepotan. Belum lagi dengan perangkat kompor dan sink yang memiliki ukuran standar sendiri. Untuk itu, agar semuanya terpasang dengan rapi, lebar top table perlu dibuat sesuai, yang mampu menampung kompor tanam dan sink secara apik dan elegan.

Untuk meja dapur, lebar idealnya adalah 60-70cm. Ukuran ini telah menjadi lebar standart sebuah top table. Ukuran ideal ini berdasarkan ukuran standar dari kompor dan sink yang rata-rata memiliki lebar, kurang lebih 50cm. Maka agar kedua alat ini terpasang rapi. Penggunaan ukuran ideal 60-70cm sangat kami rekomendasikan.

 

Area Backsplash

Area ini biasanya berbahan granite maupun ceramic tile. Pada area ini, biasanya terpasang gantungan untuk peralatan masak dan sejenisnya. Ketinggian area ini sebetulnya mengikuti jarak antara top table cabinet bawah dengan kabinet di atasnya. Tahukah Anda jarak idealnya?

Seperti ketinggian top table cabinet bawah, penentuan ketinggian cabinet atas juga penting lho dengan mempertimbangkan tinggi badan penggunanya. Karena pada cabinet atas, adalah tempat perlengkapan dan bahan-bahan masakan tertata rapi di dalamnya. Jika didesain terlalu tinggi, tentu Anda akan kerepotan menjangkau bahan-bahan ini, kan?

Umumnya, untuk para perempuan Asia, jarak 60-70cm pada area backsplash, adalah ketinggian ideal. Jarak ideal ini memungkinkan penggunanya meraih cabinet atas secara leluasa dan mudah. Berbagai brand untuk product Cooker Hood juga merekomendasikan jarak ini sebagai standart agar udara kotor ketika memasak dapat terserap sempurna oleh Cooker Hood/ Exhaust.

 

Tinggi dan Lebar Kabinet Atas

Kabinet atas sering digunakan sebagai storage alat-alat dapur, rak piring, bumbu-bumbu dan penyimpanan bahan-bahan lainnya. Agar Nampak elok, ketinggian cabinet atas biasanya bisa menyesuaikan dengan ketinggian cabinet bawah. Yakni 80-90cm.  Namun, ukuran ini bisa sangat relatif, karena sangat bergantung selera.

Kabinet atas sebetulnya adalah area yang bisa dieksplore untuk dedesain semaksimal mungkin. Anda bisa mendesain dengan membuatnya sampai menyentuh atap/ceiling ruangan dan memaksimalkan storage yang ada untuk menyimpan barang-barang dapur. Sedikit tips, simpanlah barang-barang yang jarang Anda gunakan untuk cabinet paling atas. Karena butuh pijakan yang agak tinggi untuk mengaksesnya.

Sedangkan untuk lebar cabinet atas sendiri, umumnya adalah 35-40cm. ukuran ini juga yang paling ideal agar tangan dapat mudah menjangkau selagi memasak. Ukuran cooker hood yang ada juga telah dirancang untuk terpasang secara sempurnya dengan ukuran ini.

 

Area Sink/Washbak

Bak cuci piring atau sink juga menjadi alat yang wajib ada di kitchen set. Panjang biasanya adalah 50 cm hingga 90 cm, menyesuaikan jenisnya, baik untuk yang satu bak maupun yang dua bak. Sedangkan lebarnya, rata-rata tidak ada yang melewati 60cm sebagai ukuran lebar top table. Di dekat area washbak jangan lupa ya menyediakan sedikit jarak space untuk meniriskan piring, gelas dan peralatan masakan lainnya yang habis dicuci. Ditiriskan dahulu. Setelah cukup kering, baru simpan pada rak piring yang ada di dalam cabinet agar rapi.

 

Ukuran Cooker Hood/Exhaust

Fungsi penting Cooker Hood adalah untuk menyerap panas, asap dan bau ketika memasak. Ini penting untuk membuat dapur terlihat higienis dan bersih. Tanpa Cooker hood, sudah pasti asap dan udara kotor ketika memasak akan langsung mengarah ke area cabinet. Ini jelas berbahaya untuk cabinet itu sendiri. Karena sejatinya cabinet kitchen set tidak dirancang untuk terkena panas secara lansung. Tanpa cooker hood sudah tentu juga membuat cabinet menjadi kotor dan berminyak.

Letak Cooker Hood sendiri berada di kabinet atas dengan posisi yang persis berada di atas kompor, jika ditarik garis lurus. Ukuran idealnya pun menyesuaikan ukuran kompor yang digunakan. Jika memakai kompor dengan Panjang 70cm, agar terlihat simetris dan bagus, pilihlah juga Cookerhood berukuran sama.

Cooker Hood yang beredar di pasaran saat ini umumnya memiliki dimensi panjang yaitu 60-90cm. Untuk ketinggiannya, sebagaimana penjelasan di atas, idealnya adalah sekitar 60-70cm dari kabinet bawah.

 

Luas Dapur Ideal

Luas area dapur sebenarnya juga sangat relative dan sangat bergantung pada area yang telah Anda sediakan. Jika menyediakan area dapur pada sudut/pojok ruangan, bentuk kitchen set L Shape bisa menjadi pilihan untuk dapurmu. Tanyakan saja kepada desainer mengenai bentuk kitchen set yang sesuai dengan area dapur yang Anda sediakan.

kitchen set elegan

Sediakan Area yang Cukup untuk Alat Elektronik Lainnya

Jangan lupakan juga, barang-barang berukuran besar lainnya yang musti kamu alokasikan di dalam kitchen set Anda. Benda-benda seperti kulkas, dispenser, oven, dan peralatan elektronik lainnya, tentu musti Anda sediakan ruang yang cukup agar kitchen set Anda tampil lebih indah dan elegan.

Benda-benda ini selain sangat bermanfaat ketika memasak, juga dapat menjadi item pemanis yang kian mempercantik dapur Anda. Ketika ditata secara rapi kedalam satu kesatuan kitchen set tentu menjadi nilai plus tersendiri bagi kitchen set Anda.

 

Demikianlah penjelasan dasar mengenai ukuran ideal sebuah kitchen set. Ukuran ini bisa menjadi acuan Anda sebelum membangun kitchen set impian. Kalau sudah mengerti ukuran-ukuran ideal sebuah kitchen set, kan jadi enak dalam memikirkan desain yang kamu inginkan, betul ngga? Nah, bagi Anda yang tidak mau repot dan ingin menghindari kesalahan, serahkan saja kepada desainer Centros Interior. Dijamin desainnya efisien, multifungsi, dan pastinya sesuai dengan keinginan. Hubungi saja nomor Whatsapp di bawah! Yuk, wujudkan kitchen set idaman bersama kami!

 

Salam hangat,

Centros Interior

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *