Pelajari Yuk! Jenis Pola atau Pattern Pemasangan Lantai Vinyl

Pelajari Yuk! Jenis Pola atau Pattern Pemasangan Lantai Vinyl

Pelajari Yuk! Jenis Pola/Pattern Pemasangan Lantai Vinyl by: Centros.id

Penggunaan lantai dengan motif kayu di rumah memang mampu menciptakan suasana ruangan yang lebih hangat dan natural ya. Tidak cuma tampilannya saja yang lebih elegan, tetapi secara temperatur suhunya pun lantai kayu lebih hangat dibandingkan lantai keramik.

Masalahnya, lantai kayu alami memiliki banyak kekurangan nih. Mulai dari tidak tahan air, pelapukan, warna yang memudar, hingga tidak tahan pada serangan rayap.

Beruntungnya nih ya, bersama dengan berkembangnya teknologi, sekarang ini banyak kok alternatif untuk memperoleh tampilan lantai kayu namun dengan daya tahan yang lebih awet, tahan lama, dan lebih terjangkau dan ringan dipasang dibandingkan lantai kayu tradisional (solid wood).

pilihan lantai vinil pola/pattern pemasangan

Salah satu alternatif yang cukup terkenal adalah vinyl flooring atau lantai vinyl. Material ini memiliki kepopuleran yang tinggi dikarenakan tahan air, tahan rayap, ringan dipasang dan miliki banyak pilihan desain. Tidak cuma motif kayu, lantai vinyl pun ada yang miliki motif-motif lain yang tak kalah ciamik, seperti batu alam, concrete dan sebagainya.

Keunggulan Lantai Vinyl

Lantai vinyl terbuat dari 100% bahan sintetis supaya tahan air. Maka dari itu cara membersihkannya pun sangat-sangat mudah. Cukup dipel selayaknya lantai granit, noda pada lantai vinyl pun akan hilang. Sifatnya yang tahan air juga membuat lantai vinyl hampir bisa diaplikasikan di semua ruangan interior rumah, termasuk dapur. Meski tahan pada air, jangan diaplikasikan di kamar mandi juga ya. Bagaimanapun juga cara pemasangan Vinyl adalah dengan lem kuning yang rentan terhadap air dengan intensitas tinggi.

Baca juga : Berapa sih ukuran ideal sebuah kitchen set, simak berikut ini!

Sifat tahan air lantai vinyl terhitung membuatnya ringan dibersihkan dan tahan noda supaya cocok untuk ruangan bersama selanjutnya lintas tinggi layaknya dapur. Lantai vinyl terhitung tidak rentan mengalami penyusutan layaknya solid wood.

Pemasangan Lantai Vinyl

Laintai Vinyl umumnya berbentuk lembaran dengan ukuran 100x10cm atau 50x25cm. Ketebalannya pun bervariasi, mulai 2mm hingga 3mm. Semakin tebal, tentu semakin bagus untuk lantai karena memiliki durabilitas yang lebih tinggi.

Cara pemasangan lantai vinyl terbilang cukup sederhana. Yakni dengan merekatkan vinyl dengan lantai dengan lem yang cukup. Penggunaan yang disarankan adalah dengan lem kuning yang biasa digunakan untuk merekatkan HPL, Sol Sepatu, dsb. Pastikan lem merekat dengan sempurna.



Pada artikel kali ini, Centros.id akan berbagi mengenai variasi-variasi popular dalam memasang lantai vinyl. Karena lantai vinyl sangat memungkinkan untuk mempercantik ruangan dengan cara pemasangan yang berbeda. Yuk simak sampai habis.

Variasi Pattern atau Pola Pemasangan Lantai Vinyl

Pola pemasangan vinyl sangat beragam. Kamu bisa mengaplikasikan lantai vinyl dengan beragam pattern yang kamu suka. Di bawah ini adalah beberapa pattern popular yang biasa digunakan di dalam desain interior dengan vinyl lantai dengan motif kayu.

  1. Pola Herringbone (Herringbone Pattern)

Pola ini terbilang tradisional, namun kepopulerannya tetap saja bertahan hingga sekarang. Pattern ini banyak digunakan tidak hanya di lantai saja, namun juga di banyak industri lain seperti fashion dan arsitektur. Pada dasarnya, pola ini berwujud seperti zig-zag dan terinspirasi dari tulang ikan Herringbone.

Ada type lain dari pola ini, yaitu double Herringbone yang kurang lebih sama, namun lebih padat agar kesan ruangan yang diberikan juga berbeda.

Pola/pattern laintai vinyl herringbone zig-zag
Pola/pattern laintai vinyl herringbone

Pola herringbone biasanya digunakan dengan vinyl dengan motif kayu. Sangat jarang motif ini diaplikasikan dengan vinyl dengan motif lain. Penggunaan motif ini terbilang tidak menghasilkan sisa material yang standar.

  1. Pola Chevron (Chevron Pattern)

Ada juga pola pemasangan lantai vinyl lain yang juga populer seperti Herringbone yaitu Chevron. Sebenarnya, pola ini adalah variasi lain dari Herringbone tapi lebih teratur. Vinyl di dalam pola ini dipotong dahulu pada salah satu sudutnya sesudah itu baru dipasang hingga membentuk seperti anak panah.

pola/pattern chevron lantai vinyl
Pola/pattern chevron lantai vinyl

Umumnya, pola pemasangan seperti ini harganya lebih mahal daripada pola lain dikarenakan tingkat kerumitannya saat memasang. Pola pemasangan seperti ini juga lebih banyak menghabiskan bahan, dan menghasilkan sisa material yang lebih banyak. Meskipun begitu, lantai dengan pola ini tetaplah flooring yang stabil dan terlihat klasik. Sangat cocok dipasang untuk rumah dengan style interior manapun.

  1. Pola Stretcher Bond (Stretcher Bond Pattern)

Bagi Anda yang kesusahan melafalkan pola pemasangan vinyl seperti ini, sebut saja dengan pola brick atau batu bata. Pola pemasangan vinyl seperti ini tentu saja lebih mudah dibandingkan pola-pola sebelumnya. Vinyl dipasang berurutan di kanan-kirinya dengan variasi dari baris-baris atas dan bawahnya yang dipasang offset.

pola brick lantai vinyl
Pola/pattern lantai vinyl Stretcher Bold

Pattern ini sangat popular dan sangat bisa untuk diaplikasikan di banyak konsep ruangan. Baik itu ruangan minimalis, modern, klasik, dll. Semuanya akan terlihat elehan dengan pola pemasangan vinyl smacam ini.

Beberapa variasi pada pol aini biasanya adalah denganย  memvariasikan jarak offsetnya. Ada yang 50% yang menghasilkan pola yang teratur. Ada juga yang 30% agar terlihat tidak terlalu kaku. Bahkan ada juga yang mengaturnya secara random untuk kesan yang lebih unik.

Kelebihan lain dari pola ini adalah sedikitnya material yang terbuang. Karena beberapa potongan pada bagian sudut ruangan akan tetap bisa digunakan pada sudut ruangan yang lain. Tiap plank vinyl juga tidak perlu dipotong seperti pola Chevron. Dengan begini, proses pemasangan juga akan lebih cepat.

  1. Pola Weave Basket (Basket Weave Pattern)

Pola weave basket menghasilkan pattern Laintai vinyl terlihat seperti anyaman. Umumnya digunakan pada vinyl dengan ukuran 50x25cm. Dimana terdapat dua plank yang disusun sejajar, kemudian urutan berikutnya akan diputar 90 derajat menjadi vertical. Urutan itu berlanjut seterusnya.

Pola ini juga memberikan kesan yang klasik. Seperti Herringbone, biasanya pola ini juga cuma menggunakan tipe kayu saja. Namun terkecuali jika Anda ingin tampilan yang berbeda, maka mengkombinasikan beberapa warna akan dapat memunculkan tampilan yang unik.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Centros Interior (@centros.id)


Itu tadi adalah beberapa pilihan pola/pattern pemasangan vinyl yang semoga bisa menjadi inspirasi Anda sebelum memutuskan untuk menambahkan vinyl sebagai salah satu unsur interior rumah.

konsultasi desain interior lantai vinyl

Jika Anda masih memiliki pertanyaan mengenai pattern lantai vinyl terbaik yang harus Anda pilih, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan tim Centros.id pada nomor whatsapp di bawah. Selain produk-produk berkualitas, kami juga senantiasa memberikan pelayanan terbaik untuk Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *